Tips Cara Menulis Konten SEO Pemula
Penulisan SEO berkualitas tinggi adalah sumber kehidupan internet dan detak jantung semua situs web yang sukses.
Apakah seorang blogger, pemilik toko elektronik, atau menjalankan bisnis fisik dengan komponen online, konten SEO berkualitas adalah kunci kesuksesan mesin pencari.
Tapi apa itu penulisan SEO? Mengapa ini penting untuk kinerja online? Dan bagaimana menulis dengan cukup baik untuk SEO sehingga Google akan memberi peringkat konten dengan baik?
Bagi siapa pun yang baru mengenal dunia penulisan konten online, pertanyaan-pertanyaan ini bisa menjadi hambatan yang signifikan, mengaburkan jalan menuju klik, konversi, dan pendapatan untuk situs web .
Untungnya, kami di sini untuk membantu mendobrak hambatan dan mempelajari seni rumit pembuatan konten SEO.
Di bawah ini, kami akan membahas lebih dari selusin tips penulisan SEO tingkat atas yang harus digunakan oleh setiap penulis konten SEO pemula untuk konten online mereka.
Apa itu Penulisan SEO?
Sebelum dapat memahami apa itu penulisan SEO, perlu memahami SEO itu sendiri.
SEO, atau Search Engine Optimization, adalah proses khusus untuk memastikan konten situs web memenuhi standar algoritma mesin pencari.
Misalnya, algoritme Google menyukai konten berkualitas yang:
- Mudah dimengerti
- Menampilkan tingkat keahlian, kewibawaan, dan kepercayaan
- Secara efektif menangani permintaan pencarian orang
Jadi, penulisan SEO, atau "menulis untuk SEO," adalah pembuatan dan pengoptimalan konten tertulis untuk cukup menyenangkan mesin pencari sehingga mereka akan memberi peringkat pekerjaan dengan baik di halaman hasil.
Tetapi mengapa SEO sangat penting bagi mesin pencari?
Mengapa Sangat Penting untuk Pembuatan Konten Berkualitas?
Kesuksesan online tergantung pada berapa banyak pembaca yang dapat ditarik ke konten.
Namun, jumlah orang yang dapat ditarik tergantung pada halaman mana dari hasil pencarian yang diberi peringkat dan seberapa tinggi peringkat di halaman tersebut.
Misalnya, bahwa hampir 30% dari semua klik masuk ke situs peringkat #1 di halaman pertama hasil pencarian Google? Itu hampir sepertiga dari semua lalu lintas untuk permintaan pencarian!
Karena peringkat Google yang tinggi sangat penting untuk kesuksesan online, jutaan blog dan situs web bersaing untuk mendapatkan tempat teratas di halaman pertama Google.
Sebagai pembuat konten online, menghasilkan tulisan SEO berkualitas tinggi adalah satu-satunya cara memiliki kesempatan untuk menentukan peringkat.
Apakah seorang penggemar jasa copywriting SEO atau freelancer yang menyediakan layanan penulisan konten SEO kepada klien, penting untuk memahami dasar-dasar penulisan SEO jika ingin menaklukkan secara online.
SEO Writing Basics: Key Terms to Note
Sebelum kita mempelajari tips yang harus diketahui pemula, ada beberapa istilah penting yang perlu diperhatikan...
Kata Kunci
Frasa dan kata tertentu yang dicari orang di mesin pencari dan apa yang dibuat konten SEO .
Longtaill/Kata Kunci Ekor Panjang
Frasa atau string kata kunci yang lebih spesifik daripada kata kunci normal.
Organic Keyword Difficulty /Kesulitan Kata Kunci Organik
Skor (1–100) tentang betapa sulitnya menentukan peringkat untuk kata kunci.
Kueri Pencarian
Kata atau frasa yang dicari orang di mesin pencari.
Volume Pencarian
Jumlah total kali orang mencari istilah tertentu dalam sebulan.
Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP)
Halaman yang berisi hasil penelusuran dalam mesin telusur, seperti Google.
Posisi SERP
Peringkat halaman dalam SERP.
Faktor Peringkat
Komponen yang digunakan mesin pencari untuk menentukan peringkat halaman.
Tautan balik
Hyperlink yang mengarahkan lalu lintas web ke halaman eksternal.
Teks Jangkar
Frasa atau kata yang berisi hyperlink.
Lalu Lintas Organik
Jumlah pengunjung yang datang ke situs dari SERP.
Tingkat Konversi
Persentase orang yang menyelesaikan tindakan (seperti mengklik link) dibagi dengan jumlah orang yang mengunjungi halaman.
Rasio Klik-Tayang (CTR)
Persentase klik pada halaman di SERP relatif terhadap berapa kali pencari melihat halaman di SERP.
Deskripsi Meta
Ringkasan singkat dari halaman web yang ditampilkan di SERP.
Data Terstruktur (Skema)
Pemformatan elemen seperti kata kunci, metadata, dan HTML pada halaman untuk membantu crawling dan pengindeksan mesin telusur.
Otoritas Halaman/Domain
Skor (1–100) yang menunjukkan otoritas halaman atau situs.
Tampilan Halaman
Berapa kali halaman tertentu dilihat.
Waktu Tinggal
Jumlah waktu seseorang tetap berada di halaman.
Bounce Rate/Rasio Pentalan
Persentase orang yang meninggalkan situs setelah melihat satu halaman.
13 Aturan Teratas Untuk Setiap Penulis SEO (+ Tips dan Trik untuk Mengasah Keahlian )
Dengan pemahaman tentang dasar-dasar penulisan konten SEO, kami dapat menjelajahi beberapa tips yang harus di manfaatkan selama pembuatan konten online .
Menggunakan kiat-kiat ini selama proses penulisan dapat secara efektif menarik perhatian Google dan meningkatkan peluang Peringkat dengan baik.
1. Pelajari poin-poin yang lebih baik dari penelitian kata kunci
Bahkan jika memiliki ide bagus untuk posting blog (atau beberapa), hampir tidak mungkin untuk membuat konten peringkat tanpa menemukan kata kunci yang tepat. Artinya sebelum mulai menulis, perlu melakukan penelitian kata kunci sebagai bagian dari strategi konten .
Sayangnya, kami tidak dapat menjelaskan secara rinci tentang semua yang diperlukan oleh penelitian kata kunci di sini. Kami hanya bisa menekankan pentingnya hal itu.
Untungnya, ada banyak panduan luar biasa yang tersedia untuk membantu memahami seluk beluk langkah penting dalam pembuatan salinan SEO ini. Ada juga beberapa alat SEO khusus yang dapat manfaatkan untuk membuat prosesnya lebih mudah dikelola.
Misalnya, asisten penulisan SEO berkualitas tinggi seperti Ahrefs, SEMrush, Moz, atau PageOptimizer Pro dapat membantu mempercepat penelitian kata kunci dan membuatnya lebih mudah untuk membuat konten dengan peluang peringkat online yang tinggi.
Google Analytics juga merupakan pilihan yang sangat baik bagi penulis yang membutuhkan alat SEO berkualitas dengan anggaran terbatas.
2. Kenali Audiens dan Apa yang Mereka Cari
Tip ini terhubung langsung ke yang di atas tentang penelitian kata kunci.
Ingat, Google memberi peringkat konten yang menjawab pertanyaan orang dan menjawab permintaan penelusuran mereka.
Jadi tanyakan pada diri sendiri , mengapa orang memasukkan kata kunci itu ke Google? Apa yang mereka cari? Dan bagaimana konten bisa memberi mereka apa yang mereka cari?
Ketika mengetahui hal ini, lakukanlah identifikasi masalah "maksud pencarian," atau tujuan di balik pencarian online mereka.
Informasi ini sangat penting untuk penulisan konten SEO dan akan memandu dalam berhasil menyusun pekerjaan untuk menargetkan pembaca dan menyenangkan algoritma Google.
3. Pelajari Pesaing dan Buat Garis Besar Terperinci
Sama seperti tidak dapat menulis tentang topik acak dan mengharapkannya mendapat peringkat yang baik, umumnya tidak dapat membuat peringkat konten yang ramah SEO tanpa strategi yang efektif.
Jutaan blog dan situs web bersaing untuk mendapatkan peringkat tinggi di Google untuk kata kunci yang targetkan. Satu-satunya cara untuk menyalip mereka adalah dengan memastikan konten lebih unggul.
Untuk melakukan ini, baca posting pesaing yang sudah diberi peringkat di Google untuk kata kunci .
Apa yang mereka bicarakan (atau tidak bicarakan)? Apa yang beberapa orang lakukan yang orang lain tidak? Bagaimana bisa melakukannya dengan lebih baik?
Dengan informasi ini, dapat mengembangkan garis besar terperinci tentang apa yang harus disertakan oleh posting blog , meningkatkan peluang untuk mencapai peringkat sukses.
4. Menulis Untuk Manusia dan Mesin Pencari
Beberapa panduan penulisan SEO akan memberi tahu untuk menulis untuk pembaca atau mesin pencari, menekankan pentingnya satu di atas yang lain.
Tapi ini adalah kesalahan kritis.
Membuat konten yang dapat diberi peringkat mengharuskan untuk memuaskan mesin pencari dengan memenuhi maksud pencarian pembaca - keduanya tidak dapat, dan tidak boleh, menjadi ide yang terpisah.
Anggap saja sebagai jenis siklus yang perlu dibobol oleh konten ...
Untuk menyenangkan mesin pencari, harus menyenangkan pembaca.
Namun, untuk menyenangkan pembaca, harus menyenangkan mesin pencari yang cukup untuk menentukan peringkat konten dan mendapatkannya di tangan pembaca.
5. Asah Judul untuk Menarik Pembaca
Hal pertama yang dilihat orang ketika posting muncul di SERP adalah judulnya. Artinya judul adalah bagian penting dari apa yang pada akhirnya meyakinkan mereka untuk mengklik posting .
Untungnya, ada metode yang dapat digunakan untuk membuat berita utama lebih menarik, sehingga meningkatkan RKT .
Beberapa metode ini, tepat disebut penguat CTR, meliputi:
- - Menggunakan angka dan persentase dalam judul
- - Menggunakan tahun berjalan dalam judul
- - Menggunakan karakter khusus, seperti tanda kurung, tanda kurung, dan ampersand
Selain itu, ingin memastikan judul tidak terlalu panjang, atau Google akan memotongnya (memotongnya) di SERP.
SEO Specialist dapat menggunakan Alat Pengoptimalan Cuplikan SERP Google untuk memastikan panjangnya dapat diterima.
6. Jangan Pernah Mengabaikan Informasi Meta
Kedua setelah berita utama, deskripsi meta adalah salah satu hal pertama yang dilihat calon pembaca ketika posting blog muncul di SERP.
Meskipun deskripsi meta tidak secara langsung memengaruhi peringkat Google, deskripsi meta dapat memengaruhi CTR halaman secara signifikan.
SEO Specialist juga perlu menyertakan tag judul yang dioptimalkan, yang merupakan tag kode HTML yang memungkinkan memberi judul pada halaman di SERP.
Untuk mengoptimalkan informasi meta untuk Google, deskripsi meta harus kurang dari 160 karakter, dan tag judul lebih pendek dari 70 karakter.
7. Optimasi Subjudul
Menurut penelitian tentang bagaimana orang terlibat dengan konten web, hampir 80% pengguna memindai halaman baru sebelum membacanya. Ini menghemat waktu orang dengan membiarkan mereka mengeluarkan poin-poin penting untuk mempelajari tentang apa posting itu.
Pada dasarnya, posting harus lulus "tes pemindaian" sebelum pengguna memutuskan untuk menjadi pembaca yang sebenarnya.
Subjudul yang jelas dan menarik membuat pemindaian lebih mudah bagi pembaca dan dapat mendorong mereka untuk tetap berada di halaman untuk pembacaan lengkap konten .
Menggunakan subjudul yang efektif juga membantu perayap mesin telusur menelusuri halaman dan mengetahui tentang apa itu, yang dapat mengarah ke peringkat yang lebih tinggi.
8. Fokus pada konten yang panjang dan detail
Saat menulis posting blog, umumnya yang terbaik adalah menghasilkan konten yang menarik dan berdurasi panjang.
Konten yang lebih panjang lebih baik karena membuat orang tetap berada di halaman untuk waktu yang lebih lama. Selain itu, algoritme Google telah diperbarui bertahun-tahun yang lalu untuk memprioritaskan konten yang lebih panjang dan lebih menyeluruh sambil menghukum konten yang lebih pendek.
Sebagai aturan, harus memastikan setiap halaman yang buat berisi minimal 1.000 kata.
Ini tidak hanya akan membuat algoritme Google senang, tetapi juga memberi kebebasan untuk memberikan lebih banyak informasi kepada pembaca dengan cara yang berbeda dan kreatif.
9. Tautan ke Situs Web Otoritas Tinggi
Faktor utama lain yang memengaruhi cara Google memberi peringkat halaman adalah adanya tautan eksternal ke konten berkualitas tinggi.
Pada dasarnya, Google ingin memberi peringkat halaman yang tidak hanya menyertakan informasi hebat dan memenuhi maksud pencarian, tetapi juga menyertakan tautan ke halaman informatif lainnya.
Dengan menyematkan link eksternal ke konten profil tinggi (relevan), dapat menunjukkan kepada Google bahwa pekerjaan terhubung ke situs otoritatif.
Artinya Google akan menganggap konten lebih berwibawa juga!
Namun, ini juga berlaku sebaliknya. ingin menghindari penautan ke konten berkualitas rendah karena itu akan menurunkan otoritas konten .
10. Tautan ke Halaman Lain Di Situs Web
Dengan menambahkan tautan internal ke konten lain dari situs web sendiri, dapat lebih mengoptimalkan tulisan SEO .
Tautan internal memudahkan mesin telusur dan pembaca untuk menemukan konten terkait atau relevan yang telah diterbitkan sebelumnya.
Bagi pembaca, ini bisa berarti menemukan alasan untuk tinggal lebih lama di situs web .
Untuk mesin pencari, ini berarti lebih mudah untuk mengindeks halaman situs .
Jumlah tautan internal yang harus dimiliki tergantung pada beberapa faktor...
Tetapi biasanya ingin memasukkan 3-5 tautan internal dalam setiap tulisan SEO yang buat.
11. Manfaatkan Berbagai Jenis Media
Mengambil pendekatan multimedia untuk penulisan konten SEO menciptakan posting yang menarik bagi pembaca.
Sebagai dasar, harus menyertakan gambar yang relevan dalam konten .
Tapi jangan hanya mengandalkan gambar stok untuk memecah tulisan .
Coba gabungkan campuran konten hebat untuk dinikmati pembaca dan untuk menarik perhatian Google, termasuk;
- Tangkapan layar
-Video
- Infografis
- Bagan, grafik, dan data lain yang divisualisasikan.
Menambahkan elemen visual ini ke artikel SEO akan membantu membuat pembaca tetap terlibat dan mendorong mereka untuk tinggal lebih lama di halaman .
12. Selalu Optimalkan Gambar
Tidak cukup hanya mengunggah beberapa gambar ke pos , mengutipnya, dan menyebutnya bagus. juga perlu mengoptimalkan gambar untuk SEO.
Pengoptimalan gambar memerlukan beberapa langkah, tetapi untungnya itu bukan tugas yang sulit. Yang perlu lakukan adalah:
- Simpan gambar dalam format yang benar — kami merekomendasikan PNG untuk gambar sederhana, dan JPEG untuk gambar dengan banyak warna.
- Gunakan nama file gambar yang disesuaikan menggunakan kata kunci target posting .
- Ubah ukuran dimensi gambar .
- Kompres gambar menggunakan alat seperti compressor.io atau TinyPNG.
- Berikan gambar judul yang dioptimalkan dan teks Alt yang sesuai untuk mesin pencari dan orang-orang dengan gangguan penglihatan.
- Pastikan gambar ramah seluler.
- Sertakan keterangan gambar.
Secara rutin mengikuti langkah-langkah ini akan mengoptimalkan SEO konten , sekaligus meningkatkan kecepatan dan kinerja halaman !
13. Edit Semuanya (lalu Edit Lagi)
Setelah membuat konten, harus meninjau pekerjaan dengan sisir bergigi halus untuk memperbaiki masalah kecil (dan besar).
Sebaiknya melalui setidaknya dua tahap pengeditan — satu untuk pengeditan substantif dan satu untuk penyalinan.
Pengeditan substantif melibatkan koreksi masalah gambaran besar.
Misalnya, apakah postingan memenuhi maksud pencari? Apakah bagian memberikan informasi yang dijanjikan oleh subjudul yang mereka miliki?
Copyediting melibatkan perbaikan masalah yang lebih kecil, seperti kesalahan ejaan dan tata bahasa, bersama dengan menemukan kata pengisi atau "bulu" untuk dihapus.
Sebagai dasar, kami sarankan untuk membaca pekerjaan dengan lantang selama proses pengeditan untuk membantu menangkap masalah yang mungkin tidak perhatikan selama pembacaan.
juga dapat menggunakan salah satu pemeriksa tata bahasa yang hebat ini untuk memastikan tidak ada yang lolos dari celah.
Bersiaplah untuk Membawa Keterampilan Menulis SEO ke Tingkat Berikutnya
Memahami tips dan trik yang diperlukan untuk menghasilkan tulisan SEO yang berkualitas adalah keterampilan penting untuk mendapatkan kesuksesan online.
Dengan menggunakan taktik di atas, dapat membuat konten unik dan menarik yang ingin diberi peringkat oleh mesin pencari seperti Google dan meningkatkan lalu lintas blog dalam waktu singkat!
Jika ingin mengakses lebih banyak cara hebat untuk meningkatkan pekerjaan online ...
Lihat posting ini yang mencakup 18 tips penulisan konten lainnya atau posting ini mengeksplorasi enam kesalahan SEO utama yang ingin dihindari. Ataupun dapat menjelajahi blog Smart Blogger resmi untuk menemukan lebih banyak sumber daya tulisan berkualitas tinggi.